ArtikelGaya HidupPendidikan

Pertanyaan Psikologi Komunikasi dalam Menghadapi Kendala Komunikasi

  1. Bagaimana peran komunikator terhadap informasi yang diberikan kepada komunikan untuk meningkatkan kualitas komunikan? kendala yang akan dihadapi ialah kemampuan komunikator dalam memahami komunikan dalam penyampaian pesan serta feedbacknya.
  2. Bagaimana sebuah pesan menjadi efesien terhadap komunikan? Komunikan akan memahami pesan sesuai isi pesan yang diterima, baik buruknya pesan dapat dipengaruhi oleh faktor empiris, psikologi serta logika komunikan, dalam hal ini pesan disesuaikan pemahaman reciever/ komunikan serta memungkinkan menghindari konflik.
  3. Sebelum menyampaikan pesan kepada komunikan, apa saja yang harus dipersiapkan oleh komunikator dalam penyampaian pesan agar terhindar dari kesalahan pesan yang diterima komunikan? komunikator mempelajari psikologi komunikan, mempalajari persepsi yang akan timbul selama interaksi, guna meminimalisir dan memaksimalkan pesan yang diserap oleh komunikan.
  4. Bagaimana cara meningkatkan interaksi yang efektif antara komunikator dengan komunikan? komunikasi yang efektif ialah komunikasi yang memiliki feedback, komunikator harus mampu memahami pandangan komunikan agar terciptanya informasi timbal balik juga memperhatikan kondisi lawan bicara.
  5. Bagaimana cara komunikator memberikan pengaruh terhadap komunikan dalam menciptakan opini supaya komunikan mempercayainya? Komunikator harus mempelajari psikologi komunikan agar memahami kemudian menciptakan opini dan mempengaruhi komunikan, komunikan akan mempercayai informasi yang dibrikan oleh komunikator sesuai pemahamamnya.
  6. Apa yang harus dimiliki komunikator terhadap komunikannya? Komunikator harus mempelajari karakter komunikan, memiliki keahlian dalam memahami karakter. Dengan mempelajari psikologi komunikasi akan membantu komunikator menyesuaikan dengan komunikan dalam berinteraksi.
  7. Sebagai makhluk sosial, apa manfaat psikologi komunikasi? psikologi komunikasi memberikan kemudahan dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial, memberikan kendali pada mental diri dan memberi gambaran potensi yang dimiliki terhadap lingkungan sosial.
  8. Dalam lingkungan sosial, perbedaan karakter menjadi kendala dalam berinteraksi, apa yang harus dilakukan? Perbedaan karakter dapat dipahami setalah mempelajari psikologi. Setiap komunikan memiliki jati diri yang berbeda antara satu sama lainnya, psikologi komunikasi membantu mempelajari karakter sesorang dari proses interaksi dan membatu membentuk karakter yang baik yang sesuai dengan lingkungan sosial.
  9. Apa manfaat psikologi komunikasi dalam kehidupan manusia? Manusia ialah makhluk yang memiliki berbagai potensi dan berbagai konflik. Dalam kehidupan, manusia selalu memiliki konflik yang perlu di selesaikan. Sebagai manusia yang memiliki potensi tentunya mampu menyelasikan dengan memberikan stimulus atau pandangan, jawaban, serta mengendalikan komunikan dangan mempalajari karakternya. Seperti phobia terhadap suatu benda atau trauma terhadap sebuah fenomena, dengan hadirnya potensi mempengaruhi komunikan (stimulus), komunikator dapat membantu komunikan menyelesaikan permasalahan sesuai yang dialami komunikan.
  10. Bagaimana aplikasi interaksi yang memiliki perbedaan kesehatan mental? Dalam lingkungan sosial, komunikator harus mampu mempelajari kepribadian komunikan, seperti komunikan yang senang bergaul dan berlama-lama ditempat ramai atau komunikan yang senang berekspresi ditempat yang relatif sepi. Komunikator menyediakan dan memberi pilihan kepada komunikan untuk berinteraksi dan menyesuaikan komunikasi setelah mengetahui kesehatan metal komunikan. Sesorang yang senang di tempat keramaian akan maksimal berinteraksi dengannya ditempat yang ramai. Lain halnya dengan komunikan yang menyukai suasana relatif sepi maka komunikator memberi kesempatan kepada komunikan tersebut untuk cenderung fokus dari dalam dirinya sendiri dalam perasaan, pemikiran kemudian setelahnya berinteraksi dengan komunikan tersebut.
Similar Posts