ArtikelPendidikanTeknologi

HADIRNYA MEDIA BARU DALAM MEDIA GLOBAL

Perkembangan teknologi abad ini begitu pesat, berbagai segi kehidupan manusia telah hadir teknologi dalam aktivitasnya. Banyak sektor industri dengan sigap berlomba menyajikan teknologi yang dibutuhkan masyarakat. Tidak terkecuali teknologi informasi yang hadir serta mampu merubah tatanan kehidupan manusia. Manusia yang tak lepas dari berinteraksi, memperoleh informasi, berita, juga wacana selalu menuntut keserdian informasi yang cepat dan lugas.

Perkembangan teknologi seperti televisi mobile phone, jejaring, microsoft, IOS dan Android memberi pengaruh pada cara kita belajar, bekerja, berbelanja, bergaul, dan hiburan. Terlebih munculnya internet sebagai prasaran yang memungkinkan pengguna teknologi dapat berinteraksi tanpa batasan jarak, tempat dan waktu. Contoh konkretnya adalah munculnya majalah digital membuat majalah newsweek kehilangan pembacanya serta tidak terbit lagi. Ini merupakan salah satu perkembangan media massa yang disebut media baru. Isu-isu global seperti perang Arab-Israel atau pelanggaran HAM serta rasisme dapat di akses melalui media digital, bahkan informasi konflik, penindasan, dan peperangan dapat disaksikan peristiwanya saat terjadi dari pada koran atau majalah mingguan. Berpadunya teknologi media dengan jaringan internet memudahkan manusia dalam memperoleh informasi namun disisi lain dapat meningkatkan kemiskinan dan menurunkan kesejahteran masyarakat serta interaksi sosial. Perkembangan teknologi informasi berdampak pada masyarakat yang konvensional menjadi masyarakat yang informasi. Sifat media massa yang intens, berevolusi memenuhi kebutuhan manusia yang informasi. Fungsi media massa sebagai membentuk opini publik internasional menguat setelah terjadi revolusi elektronika dan juga menimbulkan pengaruh kuat terhadap kegiatan komunikasi bagi kehidupan manusia.

Jadi, media massa telah berevolusi dari pasif menjadi interaktif atas kebutuhan manusia. Perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan negatif. Meskipun demikian, hendaknya diminimalisasi dengan arif dampak negatif dari hadirnya media baru, supaya tidak menghilangkan dampak positif dari penggunaan media berteknologi.

Similar Posts