Artikel

CONTOH ARTIKEL REFLEKSI – SUNGAI SEBAGAI WADAH AWAL MUNCULNYA PERADABAN UMAT MANUSIA

Artikel refleksi adalah karya tulis yang mendeskripsikan suatu fenomena atau imajiner penulis. Memuat interaksi, ide, ingatan dan menambahkan unsur refleksi dan pemberian makna terhadap kejadian tersebut. Berikut adalah contoh Artikel Refleksi yang sederhana dari jurnal Sungai Sebagai Wadah Awal Munculnya Peradaban Umat Manusia.

Munculnya peradaban manusia dapat dipengaruihi oleh adanya kesedian alam seperti air sebagai komponen utama memenuhi aktivitas sehari-hari. Air diperoleh dengan mudah dan terus menerus untuk dapat hidup disuatu tempat membentuk masyarakat yang menciptakan dan memiliki sistem kehidupan atau tatanan dalam menjalani kegiatan sehari–hari. Wilayah sungai menjadi cikal bakal tumbuhnya peradaban seperti peradaban Mesir yang bermula dari Lembah Sungai Nil, peradaban Mesir terbentuk pada tahun 4000 SM. Dengan panjang 6400 kilometer meninggalkan sedimen akibat banjir yang bermanfaat untuk tanaman seperti gandum dan kapas sehingga wilayah Mesir menjadi nagara agraris. Kondisi Sungai Nil juga mengancam kesahatan masyarakat melalui penyakit malaria dan parasit schistosomiasis, kondisi ini mengajarakan peradaban Mesir memahami ilmu pengobatan. Dengan menetap di lembah Sungai Nil, masyarakat Mesir membentuk struktur masyarakat yang dipimpin oleh Fir’aun (Tuan Tanah).

Setiap peradaban memiliki beragam keunikan yang terbentuk seperti peperangan, pendidikan, seni dan keahlian di bidang arsitektur. Peradaban Mesopotamia muncul pada lembah Sungai Eufrat dan Tigris pada tahun 3000 SM. Peradaban ini di dikuasai oleh beberapa bangsa secara bergantian seperti bangsa Sumeria, Amorit, Assyria, Kaldea dan terakhir bangsa Persia. Beberapa keunikan dari peradaban Mesopotamia yaitu, melahirkan hukum Hummurabi yang dikenal dengan hukum pertama di dunia, memiliki keunggulan dalam bidang kemiliteran, mempunyai keahlian di bidang seni dan arsitektur dengan dua hal yaitu taman gantung setinggi 107 meter dan menara Babel setinggi 90 meter. Peradaban Mesopotamia membentuk sistem kepemimpinan sehingga mampu mempersatukan sebagian Asia Barat dan bagian jazirah Arab.

Peradaban Manusia di Asia dapat dipelajari melalui sejarah lembah Sungai Indus dan Sungai Gangga di India pada tahun 3000SM. Peradaban ini memiliki nilai histori yang tinggi terutama dibidang arsitektur dan budaya, seperti kota Muhenjo Daro dan Harappa dikenal baik serta tersusun rapi dan kepercayaan Hindu setelah bercampur kebuadayaan bangsa Dravida dan bangsa Arya. Peradaban ini mampu membuat patung dari tanah liat, arca, senjata dari tembaga serta perhiasan dari emas dan permata. Peradaban Asia juga muncul dari lembah sungai Huang Ho di Cina bagian Utara. Wilayah ini sering mengalami serangan dari suku lain dikarenakan kesuburan tanah. Pada masa dinasti Cin tembok setinggi 16 meter di bangun yang membentang sepanjang 3000 kilometer untuk melindungi dari serangan musuh. Tembok tersebut dikenal dengan The Great Waal of Cina dan yakini sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia. Peradaban tersebut juga memperkenalkan cara pembuatan kertas.

Sumber: Nurlidiawati “Sungai Sebagai Wadah Awal Munculnya Peradaban Umat Manusia”, Jurnal Rihlah Vol. I No. 2 2014

Similar Posts